Rabu, 16 Januari 2013

Sekapur Sirih

Situs ini merupakan website Lembaga Dakwah Fakultas Al Mizan Fakultas Ekonomi Unsyiah sebagai media publikasi dan interaksi dengan komunitas internal dan eksternal dan menyalurkan informasi untuk kepentingan kemajuan dan kesuksesan dakwah.
Menjadi umat yang berilmu, beriman dan bertaqwa sekaligus menjadi rahmat bagi seluruh alam merupakan agenda bagi kaum muslimin yang cukup penting saat ini. Kondisi kaum muslimin yang sekarang membutuhkan dakwah menyeru kepada perbaikan dan menjauhi perbuatan yang mungkar. Dakwah harus dilakukan sungguh-sungguh dan bersama-sama dengan melibatkan semua potensi kaum muslimin. Adalah suatu yang tidak dapat diragukan lagi bahwa diantara hak setiap orang yang harus dipenuhi para da’i adalah penjelasan segala hal tentang Islam dan mengenai tujuan yang hendak dicapai oleh dakwah ini. Hendaklah penjelasan ini sederhana, jelas dan lugas sehingga dapat dipahami semua lapisan masyarakat baik cendikia maupun orang awam. Sambutan mereka tentang dakwah sangat tergantung pada pengetahuan mereka mengenai tujuan yang ingin kita raih dan sarana yang kita gunakan. Juga bergantung pada sejauh mana mereka merasakan faedah ketika mereka menerima pola piker ini dan ikut serta menyerukan dalam aktivitas dakwah.
Menghadapi objek dakwah yang berbeda-beda karakteristik, Allah swt telah menentukan metode dakwah ini yaitu dengan hikmah, pengajaran yang baik dan debat dengan cara yang baik pula. Demikin juga Allah telah menjadikan tahapan-tahapan dakwah itu sesuai dengan peringkata objek dakwahnya. Seseorang mau menerima dakwah dan tidak menolaknya hendaklah didakwahi dengan hikmah. Adapun orang yang menerima dakwah, tetapi ia sering lalai dan lengah , maka ia didakwahi dengan mau’izhah hasanah yaitu perinta-perintah atau larangan yang disertai dengan janji dan ancaman sebagai motivator. Adapun orang yang menentang dan tidak percaya, maka diajak berdebat dengan cara yang baik.
Adanya segmentasi objek dakwah diharapkan menjadikan dakwah mampu menjangkau semua lapisan dan diterima dengan baik. Segmentasi ini akan membutuhkan program-program yang bervariasi sehingga setiap segmen mendapat porsi perhatian dan pelayanan yang sesuai dan memadai. Sementara itu segmentasi ini akan menuntut kreativitas dalam metode dakwah sehingga opini yang digulirkan sampai pada semua segmen yang ada. Read more…

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 LDF AL-Mizan.