Senin, 22 April 2013

Filled Under:

Menanti Sang Pajar Kemenangan (Goresan Pena sederhana Al-mizan)


       Bismillah, sebuah kalimat yang menyejukkan hati, kalimat pembuka setiap aktivitas. kalimat penuh berkah.. kalimat yang memancarkan cahaya kehangatan kedalam sanubari hati, jauh dan jauh lebih hangat dari kilaunya mentari pagi. Alhamdulillah. ikhwatiFillah jamii'an uhayyi'ukum bit-tahiyyati Al-Islam tahiyyatil mubarakah, wa tahiyyati As-salamah. Assalamu'alaikum Warahmatullaahi wabarakatuh. saudara-saudara ku sekalian yang dirahmati Allah. dan izinkan juga saya mengucapkan kalimat  salam yang penuh berkah ini, kepada saudara-saudara ku sekalian. sungguh kalimat ini, kalimat yang apabila kita mendengarkannya, maka bergetarlah hati kita akan keagungan maknanya. kalimat yang mempererat persaudaraan kita dalam bingkai Iman dan Islam. kalimat tangguh yang dapat menyatukan kita dimanapun kita berada.
       saudara-saudara ku sekalian, tentu dalam setiap aktivitas ada keletihan, dari setiap perjuangan ada pengorbanan, dari setiap nikmat yang kita dapatkan ada imbalan yang harus kita keluarkan dan dari setiap usaha ada waktu yang harus kita korbankan. dan disinilah kita teringat akan perkataan Ustad Hasan Al-Banna yang menyampaikan, terkadang waktu yang kita punya itu tidak cukup untuk mengakomodir aktivitas yang kita lakukan. penyampaian ini adalah sebuah sharing untuk kita yang merasa waktunya banyak yang di korbankan untuk melakukan amar ma'ruf nahi munkar, yang merasa waktu yang di korbankan adalah sebuah kerugian, karena kita tidak merasakan perubahan yang berarti dalam perjuangan yang menjadi cita-cita kita bersama. lantas saudara-saudara ku sekalian timbullah sebuah pertanyaan dalam sanubari hati kita, bukankah waktu yang kita korbankan di jalan kesia-siaan juga tidak memberikan arti yang besar kepada kita??? ini sebuah perenungan diri bagi kita semua. kemudian dalam keadaan lemah tersebut kita masih bertanya "kapankah Sang pajar kemenangan nyata" itu akan terbit. yang akan menyinari kita dari gelapnya keputus asaan. disinilah hendaknya kita merenungi apa yang di sampaikan Allah dalam surat An-Nasr Ayat 1-3 " Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan. dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah, maka bertasbihlah dengan memuji Rabbmu dan mohonlah ampunan kepada-Nya. sungguh, Dia Maha Penerima tobat." saudara-saudara ku sekalian ini adalah ayat yang diturunkan ketika fathul mekah. coba kita bayangkan perjuangan Rasulullah sampai kepada fathul Mekah, ini merupakan perjuangan yang panjang. sedangkan kita yang papa ini, tidak sebutir debupun yang sudah kita perbuat dalam menegakkan 'amar ma'ruf nahi munkar. apakah kita ini masih layak bersedih dengan waktu yang kita korbankan??? ( Sebuah Renungan diri) maka mohon ampunlah kita kepada Rabb Ar-Rahman Ar-Rahiim. yang Senantiasa selalu menguatkan hati kita akan nikmat Iman dan Islam. Sang Pajar Kemenangan pasti akan datang. yang akan memberikan harapan yang lebih baik, selembut cahaya mentari pagi yang menyinari kita dari gelapnya keputusasaan. bukankah Sang Pajar kemenangan itu sudah Mulai terbit Saudara ku. kita sudah mulai merasakan cahayanya di ufuk timur yang jauh. Sang Pajar Kemenangan Islam itu, adalah kemenangan yang Nyata. walau bukan kita yang merasakan, pasti anak cucu masa depan kita yang akan merasakannya sesungguhnya janji Allah itu Pasti Benar.
        satu epilog yang ingin saya sampaikan kepada saudara-saudara ku sekalian " Hendaklah kita semua berpegang teguh pada tali Allah, janganlah kita saling berpecah belah karena hakikat Islam adalah Persatuan" kemenangan Islam adalah kemenangan kita semua.

Sebuah untaian Puisi :
ku mendaki bukit dengan segenap pengorbanan
menaiki pohon cemara hutan
memalingkan wajah keufuk timur
melihat sang pajar kemenangan datang menyapa

       oh...  sang pajar kemenangan
       rindu hati ini tidak terbendungkan
       namun apalah daya
       biarkanlah sanak saudara "masa depan" yang merasakan
       merasakan Indahnya dunia dalam bingkai iman dan Islam 

( Amrullah) 

 
    




0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 LDF AL-Mizan.